Alergi Susu Sapi Pada Bayi dan Anak

Alergi susu sapi dapat terjadi pada 2 - 8% bayi. Sekitar 5 -15% dari bayi ini memiliki reaksi terhadap protein susu sapi, tetapi tidak semua reaksi ini adalah reaksi alergi. Misalnya, intoleransi laktosa bukan alergi, tetapi beberapa anak memiliki reaksi ini.

Alergi susu adalah alergi makanan tersering pada anak-anak. Walaupun susu sapi adalah penyebab alergi tersering, susu kambing, domba dan kerbau juga dapat menyebabkan reaksi alergi. Dan sekitar 40% anak yang memiliki alergi susu sapi juga menderita alergi susu kedelai.

Alergi susu sapi dapat timbul sejak beberapa menit sampai beberapa jam setelah mengkonsumsi susu sapi. Tanda dan gejala bervariasi dari yang ringan sampai yang parah termasuk sesaj, muntah, kulit kemerahan dan masalah pencernaan. Walaupun jarang, alergi susu sapi dapat menyebabkan reaksi anafilaksis – reaksi yang berat dan mengancam jiwa.
Eliminasi susu sapi adalah pengobatan utama pada alergi susu sapi. Sayangnya, pada sebagian anak alergi susu sapi timbul sampai usia 3 tahun.



Gejala alergi susu sapi
Gejala yang timbul sesaat setelah mengkonsumsi susu sapi adalah Kulit kemerahan dan bengkak, sesak, muntah-muntah. Tanda dan gejala yang timbulnya memerlukan waktu adalah feses lembek kadang disertai darah, diare, nyeri perut, batuk & grok-grok, pilek, mata berair, kulit merah-merah dan gatal terutama di sekitar mulut & wajah, kolik (pada bayi).

Penyebab alergi susu sapi
Semua alergi makanan disebabkan adanya sistem imun yang kurang berfungsi. Sistem imun mengidentifikasi protein susu sebagai hal yang membahayakan sehingga memicu tubuh menghasilkan antibody imunoglobulen E (IgE) untuk menetralisis protein (allergen). Suatu saat bila terjadi kontak lagi dengan protein yang sama, antibodi IgE mengenali allergen tersebut dan memberikan sinyal ke sistem imun untuk mengeluarkan histamine, dan histamine inilah yang bertanggungjawab terbentuknya reaksi alergi termasuk pilek, mata gatal, tenggorokan gatal, bengkak, muntah bahkan reaksi anafilaksis.


Reaksi alergi terhadap susu sapi dapat terjadi :
1. Langsung (immediate) - dalam hitungan menit hingga 1 jam setelah susu sapi diminum. Termasuk gejala gatal-gatal, eksim, wajah bengkak, bersin, muntah, diare dan yang terparah adalah reaksi anafilaksis. Reaksi ini adalah reaksi yang diperantarai IgE (Imunoglobulin E). Reaksi anafilaksis adalah keadaan emergensi yang memerlukan terapi dengan suntikan epinefrin (adrenalin) yang dilakukan di instalasi gawat darurat. Gejalanya dapat berupa penyempitan saluran nafas termasuk pembengkakan di tenggorokan sehingga mengalami kesulitan bernafas, wajah merah, gatal-gatal, sampai syok dengan penurunan tekanan darah.

2. Tertunda (delayed) - ini dapat terjadi beberapa jam atau bahkan berhari-hari setelah susu diminum. Gejala termasuk eksim, muntah, diare atau bahkan mungkin asthma. Bayi dapat mengalami gagal tumbuh. Reaksi ini adalah reaksi yang tidak diperantarai IgE. Intoleransi protein susu sapi adalah sebuah contoh dari reaksi ini - kadang-kadang Anda akan melihat darah pada tinja.


Bagaimana mendiagnosis alergi susu sapi?
- Yang terbaik adalah dengan melihat riwayat perjalanan penyakit setelah mengkonsumsi susu sapi. Jika bayi Anda memiliki reaksi langsung, maka tes tusuk kulit atau tes darah (seperti CAP, EAST, RAST) biasanya akan membantu. Tes ini mendeteksi alergi yang diperantarai IgE.
- Cara lain dengan melihat adanya perbaikan dengan menghentikan susu sapi dan produknya dan gejala timbul kembali setelah susu sapi dikonsumsi kembali. Cara ini disebut eliminasi – reintroduksi. Jika anak Anda telah mengalami reaksi parah terhadap produk-produk susu, reintroduksi harus dilakukan di bawah pengawasan dokter anak.
- Beberapa pusat kesehatan menawarkan uji patch, yang mungkin berguna dalam mendeteksi alergi yang non IgE mediated.

Pengobatan alergi susu sapi 
Eliminasi susu sapi harus segera dilakukan dari diet bayi Anda. Bila hal ini sulit, Anda mungkin memerlukan bantuan seorang ahli gizi.
Beberapa bayi yang diberi ASI akan mendapatkan gejala jika ibu mereka mengkonsumsi susu sapi atau produknya dalam makanannya. Dalam kasus ini, sang ibu akan perlu untuk eliminasi produk-produk susu sapi dari diet.

Makanan yang harus dihindari bila terjadi alergi susu sapi meliputi:

• makanan dengan susu sapi atau susu kambing
• keju
• mentega
• susu bubuk
• fraiche krim, krim asam
• whey
• kasein
• margarin
• custard
• laktoalbumin, lactulose, lactoglobulin
• setiap makanan yang mengandung salah satu dari daftar di atas 


Alternatif susu apa yang dapat diberikan pada bayi dengan alergi susu sapi?
Alternatif susu sapi mencakup:
• formula protein kedelai - sekitar separuh anak-anak yang alergi terhadap susu sapi juga akan alergi terhadap kedelai. Susu formula kedelai tidak direkomendasikan untuk bayi di bawah 6 bulan tapi bisa dicoba pertama sebagai susu alternatif pada bayi usia
di atas 6 bulan
• Formula hidrolisat ekstensif (EHF) - ini adalah susu yang telah dibuat sedemikian rupa sehingga dapat memecah sebagian besar enzim yang menyebabkan gejala alergi. Ini adalah alternatif pilihan pertama untuk bayi di bawah 6 bulan dengan alergi susu sapi. Contoh termasuk EHF Pepti Junior dan Pregestimil. Susu formula yang dihidrolisat sebagian seperti susu HA (hipoalergenik) tidak dapat diberikan pada bayi dengan alergi susu sapi.
• Formula asam amino (AAF) adalah susu yang benar-benar diuraikan dengan menghilangkan protein yang menyebabkan alergi. Ini akan diperlukan sekitar 10% dari alergi susu sapi anak-anak. Contoh formula asam amino ini adalah Neocate dan Elecare. AAF harus diberikan pada anak-anak yang tidak mentolerir EHF (2-4 minggu setelah percobaan), atau sebagai pilihan pertama pada bayi dengan reaksi anafilaksis.

Apakah boleh memberi susu kambing untuk bayi dengan alergi susu sapi?
Tidak boleh. Susu kambing dan susu sapi memiliki jenis protein yang serupa sehingga anak-anak yang alergi terhadap satu akan alergi terhadap yang lain. Susu kambing, susu domba, dan air tajin tidak boleh diberikan sebagai alternatif dalam alergi susu sapi.

Haruskah ibu berhenti menyusui bila bayinya menderita alergi susu sapi?
Tidak perlu, sebaiknya ibu tetap menyusui bayinya. Alergi susu sapi jarang terjadi pada bayi yang diberikan ASI. Jika bayi memiliki gejala-gejala dari alergi protein susu sapi, maka ibunya yang harus mengeliminasi produk susu dan telur dari diet sehari-hari.  Jika sudah ada perbaikan gejala alergi, satu makanan per minggu dapat diperkenalkan ke dalam makanan ibu sampai ibu tahu makanan apa yang menyebabkan masalah pada bayi dan kemudian ibu bisa menghindari makanan tersebut.
Jika harus menghilangkan susu dari diet sebaiknya ibu diberikan suplemen kalsium. Ketika Anda hendak menyapih bayi Anda, Anda harus menggunakan susu formula hidrolisat ekstensif (Pepti junior atau pregestimil).

Apakah anak saya akan sembuh dari alergi?
Sebagian besar anak-anak sembuh dari alergi susu sapi pada usia 3 tahun. Setelah anak Anda berusia lebih dari 12 bulan dan telah mendapatkan diet tanpa susu sapi selama minimal 6 bulan, ibu dapat mencoba memperkenalkan beberapa produk susu sapi ke dalam makanan yang dapat dimulai dengan pemberian yoghurt atau keju, produk ini kadang-kadang ditoleransi lebih baik dari susunya sendiri.
Jika anak ibu mengalami reaksi parah terhadap susu pada awalnya, seperti anafilaksis, maka dalam memulai pemberian susu sapi harus di bawah pengawasan medis - jangan coba-coba kembali memperkenalkan susu di rumah. Beberapa anak dapat lepas dari alergi susu tetapi berkembang penyakit alergi lain, seperti asma saat mereka tumbuh dewasa.

Apakah alergi susu sapi menyebabkan banyak lendir?
Gejala yang berhubungan dengan sistem pernapasan, seperti pilek dan lendir, biasanya adalah hasil dari apa yang masuk dalam saluran pernafasan bukan akibat apa yang kita makan. Gejala banyak lender yang timbul setelah minum susu cenderung sebagai akibat dari infeksi saluran pernafasan dan bukan alergi.

Apakah eksim disebabkan oleh alergi susu?
Dalam kebanyakan kasus eksim, biasanya tidak ditemukan ada alergi. Namun, beberapa bayi, terutama bayi usia muda dengan eksim, kemungkinannya adalah faktor alergi. Dalam kasus ini, uji tusuk kulit bisa positif dan bahkan jika hasilnya negatif, mungkin ada baiknya mencoba diet eliminasi (stop susu sapi) selama 4 minggu untuk melihat apakah ada perbaikan. Jika tidak ada perbaikan terjadi, kecil kemungkinannya susu sapi memiliki kontribusi bagi eksim.

Apa yang dimaksud intoleransi laktosa?
Intoleransi laktosa terjadi karena tubuh kekurangan suatu enzim, laktase, yang diperlukan untuk mencerna gula dalam susu yaitu laktosa. Orang dengan intoleransi laktosa akan mengalami diare, muntah dan nyeri perut - gejala-gejala ini mirip dengan alergi susu sapi, tetapi tidak melibatkan masalah di kulit. Meskipun gejala gangguan, intoleransi laktosa tidak berbahaya. Jika anak anda memiliki intoleransi laktosa, Anda sebaiknya mengatur untuk makan sejumlah kecil produk susu sapi. Produk susu lainnya, seperti yoghurt dan keju, biasanya lebih dapat ditoleransi dengan baik. Diagnosis dibuat dengan memeriksa tinja yang menunjukkan adanya laktosa dalam tinja atau tes napas hidrogen (breath test hydrogen). Pengobatannya adalah dengan mengurangi atau menghindari produk yang mengandung laktosa atau mengurangi atau menghindari susu. Bayi dapat diberikan formula bebas laktosa.


Semoga tulisan ini bermanfaat.


Referensi
• American Academy of Allergy, Asthma and Immunology. The Allergy Report
• Australasian Society of Clinical Immunology and Allergy
• Vanderplas et al. Guidelines for the diagnosis and management of cow's milk protein allergy in infants. Arch Dis Child. 2007; 92:902-908
• Rance F. Food allergy in children suffering from atopic eczema. Pediatr Allergy Immunol 2008;19:279-284

45 comments:

mama naufal said...

selamat sore dr.rouli, anak saya 6,5bln , kalau digigit nyamuk bekasx item2, sewaktu imun ke dsa pernah dibilang ada bakat alergi, tidak boleh konsumsi susu sapi dll. pdhl anak saya dr usia 1bln sdh mnum susu sapi dan tidak menunjukkan alergi sperti gatal, merah2 dll., apakah alergi bisa dilihat hanya dengan bekas gigitan nyamuk yg item2 itu saja, dan apakah saya harus mengganti susu sapi dengan susu kedelai, susu apa yang sebaiknya sya gunakan untuk mengganti susu sapi buah hati saya dokter, mohon jawabannya, terima kasih.

dr. Rouli Nababan, SpA said...

Maaf ya saya telat menjawabnya mama naufal, bekas gigitan nyamuk yang item2 sebenarnya bukan murni akibat alergi bu. Memang betul, anak-anak yg memiliki bakat alergi biasanya memiliki kulit yg sensitif, jd kalo digigit nyamuk langsung bentol2. Nah bentol2 ini bila digaruk maka seringkali kuman yg ada di kuku atau apapun yg digesekkan ke bentol2 tsb masuk kedalam kulit bu sehingga terjadi infeksi sekunder pada kulit. Infeksi sekunder ini yg saat sembuh meninggalkan bekas warna hitam bu. Tidak perlu ganti susu, hindari saja bayi digigit nyamuk bu, kalau terlanjur digigit dapat dioleskan krim yg mengandung hidrokortison (tanya dokternya ya) agar bentol langsung kempes dan tidak gatal. Jangan lupa menjaga kebersihan kulit ya....

amelia said...

salam kenal dok, anak saya anak pertama umur 6 minggu didianogsa intoleransi laktosa,kmrn umur 3 mgg sempat diopname karena perutnya kembung&keras sekali krn byk gas, dari lahir sampai usia 3mgg minum ASI ekslusif, skrg diganti dgn pregestimil,yg sy mau tykan,apakah bisa anak sy bisa minum ASI kembl,(soalnya kadg2 sy kasi ASI tapi nangis perutnya sakit lagi),dan bgmn penanganannya sampai dia bisa mencerna laktosa kembl, thx a lot

VITAMIN SHAKLEE said...

Salam Dr

saya ingin membuat pertanyaan.anak saya berumur 6 bulan.saya memberi bayi susu ibu.baru-baru ini susu perahan sudah hampir habis.jadi saya mencuba susu formula.dalam masa tidak sampai sepuluh minit sekitar mulutnya merah.kemudian telinganya bengkak dan menjadi tebal dan mengeluarkan muntah seakan lendir.adakah anak saya alergi susu lembu?.ini kerana saya menyusu kan baby dan saya minum / makan produk susu lembu tetapi baby ok saja.tetapi bila diberikan secara terus akan menjadi bengkak-bengkak muka.adakah saya patut beralih ke susu soya.mohan bantuan dr.tq

sarie nda vdya said...

Siang dok.
Anak saya berumur 9bln2mg. masih minum asi + susu formula.anak saya tidak suka susu formula padahal saya sudah mengenalkannya dr mli dia umur 6 bln smp sekarang. saya sudah coba ganti2 susu formulanya. nah 1 minggu belakangan ini saya coba kenalkan dgn susu UHT, eh dia sukanya banget. tapi tidak mau dicampur dgn air putih, maunya original. yg jadi pertanyaan saya apakah tidak apa2 anak saya diberi susu uht yg tidak dicampur dgn air putih mengingat dia masih 9 bln. dr artikel dokter yg saya baca tidak ada ciri yg menuju kepada alergi susu sapi, memang fesesnya lembek tetapi tidak diare masih normal. 1 hari 1x kdg 2x, eh malah kdg 2 hr sekali. please advisenya dok. thanks

Anonymous said...

pagi dok,anak saya br berumur 2 bulan dari sejak lahir minum Asi + susu nutrilon royal 1 ,BAB nya pun lebih dr 5x,kondisi feses lembek dan jika BAB dia juga suka mengejan .Pada usia 2 bulan BAb nya pun masih lebih dr 5x,kondisi feses lembek ,apakah itu normal dok atau apakah ini yg termasuk alergi/intoleransi pd laktosa mengingat saat sy hamil setiap minum susu sy jg buang2 air.Dan apakah sy harus ganti susu formulanya?jika iya bisa dokter rekomendasikan sufor yg cocok utk kondisi anak sy,terima kasih

Anonymous said...

siang Dokter Rouli,,
nama saya Indah mamahnya Ghaisan sy mau tanya, anak sy umur 49hari, dr lahir dia minum susu formula, NAN HA.1 kr ASI sy td cukup, awal mkonsumsi susu tsb kr pd saat br lahir wkt msh diRS dia dberi lactogen tnyata lgs merah2 mukax dan dsarankan utk mkonsumsi Nan Ha, awal mkonsumsi susu tsb tdk ada keluhan, dan sktr bbrp mggu ini muncul keluhan sering kolik, pup sgt bau dan spt lumpur bwrn hijau, mngejan, suka mgeliat, merah/bintik2 dwajah, kentut yg bau dan yg skrg dialami yaitu diare, sy sdh konsul sm dsa dan katax memang ad gejala alergi susu, trus dsa bilang teruskan aj susu tsb, kr nnt smua gejala akan hilang dg sendirix, dan ga perlu ganti susu soya kr nnt makin susah utk mhilangkan alergi susu sapix kl sdh besar? Tp sy kasian melihat keadaan anak sy skrg yg sering rewel kl lg kolik,,
menurut dokter apa yg harus sy lakukan skrg?

Reena said...

Selamat siang Dokter Rouli.
Dr. saya sangat berterimakasih sekali dg info yg dokter berikan ini, karena artikel ini sesuai dg yg sedang anak saya Rain alami.
Dr. saya mohon info tambahannya lagi.
1). apa tes tusuk (tes alergi) spt yg dokter bilang boleh dilakukan pd anak bayi berumur 6,5 bln.
2). kalau saya mencoba susu sapi lain bukan yg khusus alergi apa boleh dokter atau harus lgs Pepti junior / Prgestimil? pdhl waktu awal lahir Rain dkasih susu merk NAN dr rumah sakit krn asi saya belum keluar dan ga ada keluhan alergi.

Anonymous said...

Siang dok. anak laki-laki saya baru 1,5 bulan. Anak sy full sufor krn istri sy asinya nggak keluar. Baru2 ini keluar dari rs sakit karena rawat inap. Kata dokter (second opinion) anak saya kembung awalnya lalu katanya ada kelainan usus dan terakhir dia diagnosanya hirscsprung. Tapi ok lah itu sudah lewat ternyata kembung biasa karena banyak gas. yang mau saya tanyakan di sini dokternya ada buka resep ganti susu ke neocate. Kita sudah jalanin 2 hari ini. Kan disetiap kaleng susu ada petunjuk pemberian dalam sehari. Apakah itu harus dijalankan? Soalnya kalau berdasarkan petunjuk pemberian 6 x (dalam 24 jam) 90 ml itu tidak cukup. Anak sy selalu menangis lapar. Mau tidak mau kami berikan. sehari dia bisa minum >600 - 800 ml. Apakah boleh dok? Apakah ada efek sampingnya kalau kebanyakan lebih dari batas petunjuk pemberian neocate? Atas jawabanya sy ucapkan terima kasih.

bundanya rakha said...

selamat siang Dr. Rouli, dok anak saya sudah berumur 1 th 7 bulan, saat umur 7 bulan didiagnosis alergi susu sapi jadi diganti dengan susu SGM Soya, tetapi saat umur 1,5 th dia mengalami diare ( feses lembek dan buang air lebih dari 3x sehari )bahkan sempat di opname selama 4 hari di RS, setelah pulang dari RS sempat sembuh tetapi 3 hari kemudian diare lagi. sampai sekarang umurnya 1 th 7 bulan, pertanyaannya susu apa yang harus saya berikan jika anak saya menderita alergi susu sapi dan juga susu soya??? mohon jawabannya, terima kasih

Unknown said...

Dokter, anak saya 7 minggu divonis dokternya alergi laktosa. Berhubung asi saya tidak keluar semenjak lahir ia diberikan lactogen kemudian diganti nutribaby pas dia 2 minggu. Namun semenjak itu perutnya kembung, sering kentut, suka ngulet dan ngeden, timbul bintik2 di dahi dan kemerahan di kelopak mata. Awalnya kata dokternya cara kami memberikan susu salah akibatnya banyak udara yg tertelan dan menyebabkan perutnya kembung. Tapi lama2 malah kotorannya sangat bau asam dan kemerahan pada duburnya. Sehingga dokter merekomendasi utk berikan enfamil o-lac. Yg ingin saya tanyakan apakah benar gejala yg ditunjukan anak saya merupakan intoleransi lactosa mengingat sampai sekarang anak saya masih suka ngulet dan kembung. Dan bisakap saya menggànti susi enfamil o-lac dgn bebelove FL mengingat merek enfamil sangat mahal dipasaran. Dan apabila sudah sembuh dapatkan kembali ke susunya semula?

Unknown said...

Siang Dok, anak saya bentol2 berair di beberapa bagian tubuh dan makin byk. beberapa hari sebelumnya anak saya habis vaksin dpt dan polio (18 bulan).
apakah anak saya hny biang keringat biasa atau alergi obat dok? tq

toko susu miki said...

Selamat siang dr. Rouli, Kami toko susu miki menyediakan Neocate dengan harga 325.000,-. Barang akan kami antar ke seluruh Indonesia . Untuk pemesanan silahkan klik www.tokosusumiki.com..Terima kasih ya dok.

Unknown said...

Dok..anak saya 19 bulan..smpai sekarang susu yg digunakan adalah neocate karena sebelumnya susah BAB dan urtikaria. Makanan yang dikonsumsi masih pada daging dan sayur2an. Untuk ayam, telur dan protein lain blm bisa dikonsumsi krn kulitnya merah2. Pengen coba beralih ke formula lainnya karena dari segi harga mahal sekali. Mohon sarannya ya dok..Trimakasih

Unknown said...

Maaf dok sya mau tnya,baby saya 1,5bln sjak dari lahir nafasny bunyi grok2.diRS diksih surfor lactogen,krna ASi sya sdkit dilnjutkan dgn surfor bebelove 1.ASI sya hnya kluar slma 2mnggu.1bln pemberian bebelove bunyi nfasny smakin berat.sya bwa ke spa ktany bayi sya alergi susu sapi lalu sya berikan SGM soya 1 baru pemberian 1mnggu ngas ttap bunyi,susah bab,bibirny kring.apa bayi sya jg alergi soya?lalu sufor apa yg hrus sya berikan mengingat pepti junior dan prestigimil mahal sekali hrgany?apa bleh sya berikan madu?mhon jwban bantuanny dok.terma ksh bnyk sblmny...

Dominica said...

dok, anak saya mulai mengkonsumsi susu tambahan (susu Uht/pasteurisasi) sehari 100-200 ml selebihnya masih asi/asip, tapi kok warna fesesnya agak putih (sedikit putih tidak sampai spt demput) lebih pucat daripada mengkonsumsi asi/asip full. Apakah hal ini masih normal dok?

makasi sebelumnya.

Anonymous said...

Selamat pagi dok, saya mau bertanya anak saya laki-laki kembar, sekarang berusia 3 tahun mulai dari umur 7 tahun sampai 3 tahun minum susu Soya karena alergi susu sapi. Menurut artikel dan issu kalau anak laki-laki itu tidak baik jika minum susu soya karena banyak efek negatifnya, salah satu mempengaruhi reproduksi atau hormon testoteronnya, dan penisnya kecil. Apakah artikel itu benar ya dok?Kemudian bgm dgn kondisi anak saya yg sdh terlanjur minum susu soya kurang lbh selama 3 tahun, apakah itu sdh terlambat dan berbahaya buat perkembangan anak saya, kemudian apa yang harus saya lakukan dok? Mohon bantuan saran dan jawabanannya ya dok. Terima kasih banyak




tya said...

Selamat malam dok,
Anak sy usia 1bulan alergi susu sapi sdh 3x ganyi sufor dan skrg konsumsi susu pepti junior tetapi kliatannya agak gelisah trus perutnya bunyi kruk-kruk dan bab suka ngeden, saat dia memakai susu nutribaby comfort keliatan lbh nyaman tp alerginya muncul.. Sy jd bingung dok hrs pakai susu aplg??? Mhn jwbn nya
Terimakasih

Unknown said...

Selamat siang dok.
Anak saya umur 3bln, asi saya tidak keluar karena pasca caesar saya dipersulit bertemu anak saya, dia sudah 3x ganti susu pertama lactogen (babnya 7x) lalu pindah morinaga bmt platinum (babnya 5x) saya bawa ke dokter anak dicurigai adanya alergi dan direkomendasikan memakai susu Nan PH pro 1 dan check lab. Lalu hasil lab nya menyatakan dia positif alergi dan feses terdapat darah samar. Tapi saya melanjutkan dengan susu nan tersebut setelah pemakaian 1bulan tidak ada masalah tapi bab nya berwarna hijau, bau tajam, dan sering kentut lama kelamaan 3 hari anak saya menangis dan tidak bisa tidur. Saya bawa ke dokter anak yang berbeda dan dokter bilang anak saya kolik di rekomendasikan untuk memakai susu Pepti junior, Pregestimil atau Neocate. Tapi dokter lebih menyarankan untuk Neocate karena susu tersebut langsung diserap darah. Hasilnya setelah memakai neocate anak saya tidak ada masalah tapi neocate jarang berada di pasaran dan harganya mahal untuk saya. Maka dari itu saya mau bertanya bisa kah penggunaan neocate sampe usia 6 bulan saja? Lalu diganti dengan produk soya?

Hani Pertiwi said...

Salam kenal dok. Dok anak saya di diagnosis alergu susu sapi. Karena kulitnya keluar bintik merah sampai kolik perutnya. Sy di anjurkan dokter anak pakai susu neocate krn asi sy tidak keluar banyak sehingga harus di bantu sufor. Awalnya anak sy diberi susu bebelove tp tdk cocok sehingga terdeteksi terkena alergi oleh dokter. Tp semenjak seminggu pakai neocate sy perhatikan feses nya berubah warna jd hijau cenderung hitam dok. Dan buang air besarnya tiap dua hari sekali. Ini aman tidak ya dok? Sy jd khawatir sam anak sy. Mohon penjelasannya ya dok. Thanks

Hani Pertiwi said...

Salam kenal dok. Dok anak saya di diagnosis alergu susu sapi. Karena kulitnya keluar bintik merah sampai kolik perutnya. Sy di anjurkan dokter anak pakai susu neocate krn asi sy tidak keluar banyak sehingga harus di bantu sufor. Awalnya anak sy diberi susu bebelove tp tdk cocok sehingga terdeteksi terkena alergi oleh dokter. Tp semenjak seminggu pakai neocate sy perhatikan feses nya berubah warna jd hijau cenderung hitam dok. Dan buang air besarnya tiap dua hari sekali. Ini aman tidak ya dok? Sy jd khawatir sam anak sy. Mohon penjelasannya ya dok. Thanks

Unknown said...

salam kenal dok,anak sy berusia 40 hari selama lahir dia mengkonsumsi asi dan dibantu dengan susu formula sgm ananda soya,selama ini saya tidak tahu kalau sgm ananda soya hanya boleh dikonsumsi sama anak yang elergi susu sapi saja dan tidak boleh dikonsumsi terlalu lama,tapi selama anak sy mengkonsumsi susu sgm ananda soya Alhamdulillah anak sy sehat dan tidak ada keluhan sama sekali dan sy sudah ganti susunya dengan sgm ananda.menurut dokter apakah saya harus membawa anak saya ke dokter anak untuk diperiksa kondisinya karena selama ini mengkonsumsi sgm ananda soya?

Unknown said...

pagi dok saya mau menanyakan tentang alergi sufor dok, kebetulan pas anak sya.lahir asi sya sama sekali tdak ada berbagai mcam cra sudah d lakukan stelah 1mnggu melahirkan all hasil.anak sya pke sufor tpi ttp walaupun asi.klwr asi tdk bnyk sudah mKn syur vit susu dll ttp asi segtu ada nya, stelah mnum sufor ank sya bintik2 merah , sering gumoh, bab tiap mnum susu, dn ngegerok , akhirnya periksa kta dktr alergi sufor doktr ttp mngnjrkan pke.asi walaupn.sedikt asl sering,stelah d coba tdak berhasil asi ttp segtu anak sya jd rewel krna.mngkin kurang sya.pke morinaga.php tpi trnyata malah mencret dan gumoh trs . skrg saya bngung hrs.pke apa ya dok kira2 saya mhon.bantuan nya anak sya usia 2 bulan lebih .

Anonymous said...

Selmt siang dokter mau tanya,anak sy umur 6buln nafasnya srok-srok dok apa itu termasuk alergi susu sapi?? Dikasih obat ganti susu soya sudah tapi tetep srok srok nafasnya

Mama satria said...

Malam dokter,dokter saya mama satria umur anak saya skrg 4bln,waktu umur 2bulan saya memberi susu formula nutribaby tp malah ada lendir d rongga hidung..kulitnya gatal2 d sekitar wajah dan punggung,reeel,nangis aja,..saya bawa ke dsa..kata dokter ia menderita alergi susu sapi...saran dokter harus pake susu php..hanya saja saya malah memberi susu sgm llm...tp anak saya cocok dg susu tersebut,pertanyaan saya apa msh boleh anak saya mengkonsumsi susu llm tersebut karenabygvsayavtau susu llmnitu buat mencret..mohon jawabannya ya dok,terimakasih

Unknown said...

Mlam dokter, sya mau konsultasi mngenai sufor anak sya. Anak sya d beri sufor d karnakan sdkitny produksi asi sya. Akan ttpi saat d beri sufor BABny berdarah + berlendir. Sya kira hal biasa, tpi lma2 mkin bnyak drhny. Stlh itu sy gnti suforny, bab brubah wrna hijau pekat. Perut kembung & sering sekali buang gas (kentut) & lma kelamaan timbul bntik2 merah. Stlah sy k DSA,d sarankan untk memakai sufor pregistimil. Berhub hrgany sgt mhl,apakah boleh anak sy mengkonsumsi sufor bblove fl? Mhon jwabanny dok, krna jwban & saran dr dkter sngat d btuhkan oleh sya. Tks

Unknown said...

Mlm dokter ,saya mau konsultasi anak saya sudah 2 minggu ini batuk parah dok dan kemarin saya berobat kanya alergi susu dan arus tukar susu, tapi sampai sekarang masih batuk juga dok, malah tambah parah dok, apa solusinya dok?

Unknown said...

Selamat sore dokter.anak sy skrang usia 15 bulan.sejak usia 8 bulan anak sy didiagnosa alergi susu sapi krn sering batuk dan nafas berbunyi grok grok.sejak itu anak sy ganti minum susu soya.grok groknya berkurang tp tidak hilang.dan dia masih sering batuk berulang.hingga harus dibawa ke dsa 2x dlm 1 bulan.krn dia hanya bisa bertahan 1minggu tidak batuk tanpa obat.dan sayangnya tiap kali berobat selalu disertai antibiotik dalam puyernya.lepas itu batuk lagi.makanan sudah sesuai dg anjuran dsa.hanya makan daging sapi,sayur dan nasi.tetapi tetap sj batuk berulang.apakah tidak berbahaya bagi anak sy bila terlalu sering konsumsi antibiotik?

Unknown said...

Bayi kembar saya juga seperti itu, minum nutribaby 1 banyak mengejan dan sampai menangis jika ingin buang angin atau buang air besar. Mereka tersiksa sekali tp ketika saya browsing mengenai hal ini berbagai sumber mengatakan bahwa itu wajar terjadi pada bayi. Tp saya tidak puas trs mencari apakah ada yg mengalami hal sama mengingat anak saya kembar dan kedua duanya mengalami gejala demikian. Saya juga ingin menanyakan hal sama seperti mommy di atas kepada dokter, terimakasih banyak atas jawabannya dok

Unknown said...

anak.saya hampir 1 minggu ini minum susu neocate tp bab nya jg hijau dan berlendir gt... pup nya sehari bisa sampai 3x..

Unknown said...

Selamat malam dok,saya mau tanyak anak saya umur 1 bulan mengalami alergi susu sapi,dan saya menggantinya dengan susu enfamil,. setelah usianya sudah 1,5thn apakah sudah bisa di ganti dengan susu sapi (bebelac)? Dan apa dampak dari mengganti susu tersebut dok? Karna anak saya tidk lagi mengalami bintik merah diwajah atau dibadan tetapi fase pup nya agak sedikit lembek dari biasanya dan sedikit berubah warna .Apakah itu aman utk anak dok? Terimakasih

Unknown said...

Selamat malam dokter,anak sya usia 6bln dr lahir smpai usia masuk 6bln sya hnya memberikan asi sja dan skrg sdh mulai menjalani masa Mpasi..dr usia bbrp minggu dia lahir anak sya sdh ketahuan mengalami alergi susu sapi (stlh dicek & konsul oleh DSA) awal perkenalan mpasi nya sya cba memberikan anak sya alpukat slama 4hri dan cba memperkenalkan susu soya dihari ke-1 sja (krna dia menolak/tdk suka) utk tambahan susu nya..tp pas hari ke 2 mulai timbul ruam merah dia wajah dan makin hri makin bertambah byk,,
Yg sya mw tnyakan kira2 indikasi yg terjadi pd anak sya apa yah dokter?? Pdhl sya td memberikan susu sapi dan turunannya kpd anak sya dan yg sya makan jg..dan seingat sya diluar makanan yg saya makan sprti biasa sya ada makan kerang hijau 1x dan porsinya jg tdk byk?? Tlg penjelasannya ya dokter..trima kasih

Unknown said...

Malem pak, saya mau menanyakan bagaimana rasa susu neocate .Karena ank saya alergi saya mau coba neocate .Karena pregistimil rasanya sangat tidak enak

Unknown said...

dok sya mau tanya ank sya kan alergi susu sapi dan dokter ank menyarankan minum susu NANPHPRO,,tapi susu itu susah carinya dok,,umur ank sya juga sdh 13bulan,,mhon sarannya klu sya mau ganti susu ank sya harus ganti susu apa yah dokk trim'ss

Unknown said...

dok sya mw tanya,ank sya alerhi susu trs sya coba kasi susu notrybaby yg alerfy(khusus alerhi)tp bab'nya jarang2..kenapa ya dok?

Unknown said...

dokter sy mau tanya... untuk bayi alergi susu sapi apakah akan terus2an BAB mengejan dan nangis seperti mengalami sakit perut? bayi sy umur 21 hr perut kembung, sering muntah, batuk flu, trus bab mengejan sdh ke dokter spesialis anak dan dibilang alergi susu sapi. sdh dikasih obat juga utk meringankan diare nya dan agar tdk mengejan, namun msh blm begitu siqnificant perubahan nya. sy jg sdh diet tdk makan bahan mengandung susu agar bisa tetap memberikan ASI. dojter kasih tambahan sufor pregestemil jg. apakah mmg lama proses penyembuhan diare, mengejan muntah dan batuk pileknya? mohon pencerahan nya.
terimakasih

Unknown said...

ank saya juga sama seperti itu ..ank kk cocok ga make bebelove FL

Yunia kurniani A said...

Umur berapa bu/pak anakx ? Klo anak sy minum NAN ph pro, rasax pahit tp tdk sepahit prstgimil.

Unknown said...

Dok saya mau tanya anak saya srjak lahir pake asi saya , sampe 1bln perahanya gaada . Saya lanjut dengan lactogen sampe 5 bln .. Dari 5bln smpe 9 bln saya pake sgm ananda . Tapi sering kali mencret dan perut kembung trus .. Saya coba ganti lagi sekarang pake lactogen .. Perut bagus gak prnh kmbung tapi kenapa bab terus .. Sedikit2 dan berlendir cair .. Srhari lbih dri 5x kenapa ya dok saya minta solusinya

Unknown said...

Sekamat pagi dok , maaf sebelumnya anak saya usia nya 19 hari , dari awal minum asi tapi saya tambah dengan sufor , pada waktu selesai minum itu langsung poop dan fesesnya kayaj biji cabe di sertai kembung , setelah itu saya periksakan ke dokter , dr menyaran kan menggantin susu yg php/ph pro dan di beri ibat alergi , setelah konsumsi susu itu anak saya tambah mencret dokter di sertai lendir , itu bagaimana ya?

Unknown said...

Selamat pagi dok...sy ibu dr bayi Medina...anak saya alergi susu sapi..usia anak saya skg 6bln 8hr..dokter menyarankan sufor pregestimil..krn beberapa hari ini stok susux dikota kami habis..apakah ada saran lain dok sufor lain u anak saya

Unknown said...

assalamualakum dok saya mau tanya anak saya sudah pakaj susu neocate 3bulan pemakaian saya ingin ganti dok tp harus pakai susu apa?terimakasih

hikmah fauzyah said...

assalamualaikum,Dok saya mau tanya,anak saya dr bayi gak bisa minum sufor klaau minum 1 minggu pasti muntah dan panas,akhirnya anak saya pakek asi saja samapai 2.5 th,akhirnya dia disaranin dokter anak pakek nan phpro,saya berikan selama 2 bulan dia tidak ada reaksi apa2 dan ternyata setelah hmpir 3 bulan pemakaian nan ank saya mulai panas batuk,keluar gatal2 di tangan,apakah itu pengaruh susu atau bukan dok??terus susu yang aman buat anak saya kira2 apa ya dok?terimakasih







Unknown said...

Assalamualaikum, dok saya mau tanya, anak saya juga alergi protein susu sapi, sudah 2minggu anak saya minum neocate, 10hari pertama bb nya turun dari 2.71 jadi 2.62, dan sekarang rambut nya jadi rontok, kenapa ya dok ?? dan pemberian nya sehari harus berapa ml ya dok buat anak saya yang baru berusia 1bulan.. Mohon jawaban nya dok.. Terimakasih

susu anak tanpa alergi said...

iya sih, kadang anak juga perlu kita perhatian perihal susu yang diminum spy tidak berakibat pada alergi susu, kan kasihan buah hati kita